Categories
Uncategorized

Mengenal Jenis-jenis Kapasitas Genset Mini yang Penting Diketahui

Genset memiliki fungsi sebagai cadangan pasokan listrik ketika listrik dari PLN mengalami masalah. Dengan genset, Anda dapat melakukan pekerjaan yang dilakukan sebelum listrik dari PLN mengalami masalah dan padam. Selain untuk rumah pribadi, genset juga sangat dibutuhkan oleh berbagai tempat umum lainnya, seperti rumah sakit, perguruan tinggi, pabrik, dan berbagai industri lainnya. Dengan genset, maka kegiatan orang-orang di insustri tersebut bisa terselamatkan. Nah, di setiap tempat memiliki kebutuhan listrik yang berbeda-beda. Maka dari itu, kapasitas Genset mini yang dibutuhkan juga akan berbeda-beda. Kebutuhan rumah pribadi tentu jelas berbeda dengan kebutuhan rumah sakit atau perguruan tinggi.

Dengan mengetahui kapasitas genset mini, Anda bisa melakukan pertimbangan dan menyesuaikan kapasitas yang akan dibeli dengan kebutuhan. Perlu Anda ketahui bahwa kapasitas yang dimiliki genset mini terdiri dari tiga bagian, yaitu Prime Capacity, Continous Capacity, dan Stand by Capacity. Nah, untuk kapasitas utamanya yaitu Prime Capacity, yang merupakan beban yang dapat ditanggung oleh genset dalam waktu yang tak terbatas. Adapun total beban yang diharapkan berkisar antara 60-70% nilai kapasitas Prime yang tertera pada genset. Lalu beban lanjutan atau Continuous Capacity artinya beban konstan yang bisa ditanggung oleh genset secara terus menerus. Beban ini relatif stabil, minim beban kejut, dan juga tidak berubah-ubah.

Adapun Stand by Capacity atau sering disebut kapasitas siaga merupakan kapasitas genset yang diterapkan dengan pertimbangan bahwa jika genset jarang dipakai akan menjadi dingin. Adapun kapasitas Stand By yang tertera biasanya bisa mencapai 5-10% lebih besar dari kapasitas Primenya. Kapasitas genset mini memang sangat beragam, sehingga Anda perlu mengetahui berbagai kapasitas tersebut untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di rumah atau tempat industri Anda. Dengan mempertimbangkan kapasitas yang dibutuhkan dan kapasitas yang akan dibeli, maka Anda akan mendapatkan genset yang sesuai. Karena ditakutkan akan terjadi masalah apabila kapasitas yang Anda beli terlalu kecil atau terlalu besar. Dan jangan lupa untuk membeli genset mini yang berkualitas bagus supaya lebih tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *